Sekilas Tentang Sistem Informasi Pengalaman (SIMPAN)

By Administrator 03 Jun 2021, 09:54:15 WIB Info Kegiatan
Sekilas Tentang Sistem Informasi Pengalaman (SIMPAN)

Berdasarkan kondisi saat ini, data/dokumen pengalaman yang diunggah oleh Badan Usaha dan Profesional masih dilakukan secara konvensional sehingga berpotensi menjadi celah untuk melakukan manipulasi data/dokumen yang mengakibatkan data yang digunakan kurang reliable dan idak valid sehingga berujung pada produk yang dihasilkan kurang berkualitas. Pengembangan Sistem Informasi Pengalaman (SIMPAN) oleh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi merupakan aplikasi yang memuat data/dokumen dan informasi pengalaman serta kinerja penyedia jasa khususnya Badan Usaha dan Profesional di bidang Jasa Konstruksi. Sistem ini dikembangkan sebagai salah satu upaya mendorong transparansi data, akuntabilitas dan profesionalisme pengalaman Badan Usaha dan Profesional melalui keterbukaan informasi dan kemudahan akses terhadap data/dokumen pengalaman dan kinerja penyedia jasa.

Secara prinsip, data/informasi pada aplikasi SIMPAN didapat melalui proses inputing data yang dilakukan secara mandiri oleh Badan Usaha dan Profesional dengan menggunakan data referensi pengalaman yang terdapat pada SPSE, e-Monitoring PUPR, dan Sistem Informasi Konstruksi Indonesia (SIKI). Beberapa field data pada aplikasi SIMPAN juga ditambahkan sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 14 Tahun 2020 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia.

Dengan tersimpannya data pengalaman pada aplikasi SIMPAN maka Badan Usaha dan Profesional tidak perlu lagi menyampaikan data pengalamannya setiap kali mengikuti seleksi/tender pengadaan barang/jasa. Diharapkan dengan terpusatnya data pengalaman Badan Usaha dan Profesional pada Sistem Informasi Pengalaman (SIMPAN) akan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam proses prakualifikasi sehingga percepatan pelaksanaan proses tender/seleksi dapat dilakukan. Adapun Badan Usaha dan Profesional yang dapat meng-input datanya ke dalam Sistem Informasi Pengalaman adalah Badan Usaha dan Profesional yang terdaftar pada SIKI, LPJK yang telah memiliki SBU dan SKA elektronik.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment