Progres Terbaru Tol Cibitung-Cilincing, Seksi 3 Akan Uji Laik Fungsi

By Administrator 13 Mar 2022, 22:13:21 WIB Konstruksi
Progres Terbaru Tol Cibitung-Cilincing, Seksi 3 Akan Uji Laik Fungsi

Keterangan Gambar : Tiga seksi Tol Cibitung-Cilincing yang sedang dalam konstruksi ditargetkan tuntas seluruhnya tahun 2022.(Dok. BPJT)


Konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang menyisakan tiga seksi terus dikebut. Mengingat seluruh ruasnya ditargetkan tuntas tahun 2022. Sebelumnya pada 2021 lalu, Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 SS Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,6 kilometer sudah resmi dioperasikan. Jalan bebas hambatan berbayar ini merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Melintasi wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta.

Melansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), saat ini progres seksi 2 Telaga Asih-Muara Bakti sepanjang 10,3 kilometer mencapai 98,76 persen. Untuk seksi 3 Muara Bakti-Kanal Banjir Timur 14,35 kilometer mencapai 99,14 persen dan telah memasuki konstruksi tahap akhir serta akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF). Selanjutnya seksi 4 Kanal Banjir Timur-Cilincing 7,2 kilometer progresnya mencapai 66,14 persen dan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan 2022.

Dengan demikian, ke empat seksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan tuntas tahun ini dan segera dapat dimanfaatkan masyarakat. Artinya, jalan tol ini akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing. Yakni mulai dari Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara. Nantinya jalan tol ini juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya sekaligus menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung. Adapun Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki 5 buah Simpang Susun (Interchange), yakni SS Cibitung, SS Telaga Asih, SS Tambelang, SS Tarumajaya, dan SS Cilincing.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Progres Terbaru Tol Cibitung-Cilincing, Seksi 3 Akan Uji Laik Fungsi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/05/200000021/progres-terbaru-tol-cibitung-cilincing-seksi-3-akan-uji-laik-fungsi. 
Penulis : Muhdany Yusuf Laksono
Editor : Hilda B Alexander




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 50 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment