Progres Prasarana 88,60 Persen, LRT Jabodebek Siap Beroperasi Agustus

By Administrator 13 Jan 2022, 08:45:21 WIB Konstruksi
Progres Prasarana 88,60 Persen, LRT Jabodebek Siap Beroperasi Agustus

Keterangan Gambar : LRT Jabodebek (KAI)


Konstruksi Lintas Raya Terpadu Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (LRT Jabodebek) kini menyisakan pekerjaan prasarana. Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk Pundjung Setya Brata mengatakan, progres konstruksi prasarana sudah mencapai 88,60 persen.

"Untuk konstruksi prasarana sekitar 88,60 persen," ungkap Pundjung kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022). Prasarana yang dimaksud ini berupa pekerjaan access to stasiun  seperti, tangga, eskalator, lift menuju ke stasiun dari ground floor (lantai dasar). Kemudian, beberapa ground water tank (penampungan air bawah tanah) dan STP di stasiun, sisa pekerjaan railway system (sistem kereta api), serta depo di light dan heavy maintenance facilities (perawatan fasilitas ringan dan berat).

Pundjung mengungkapkan, LRT Jabodebek ditargetkan dapat beroperasi pada Agustus mendatang.

LRT Jabodebek akan dioperasikan menggunakan sistem communication-based train control (CBTC) dengan grade of automation (GoA) level 3. Sistem CBTC adalah pengoperasian kereta berbasis komunikasi. Sehingga, dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal serta disupervisi juga secara otomatis dari pusat kendali operasi. Pengoperasian dilakukan secara otomatis tanpa masinis, namun mensyaratkan masih terdapat petugas operasional di dalam kereta untuk penanganan kondisi darurat dan pelayanan kepada pelanggan. Jika terjadi gangguan sarana atau prasarana, petugas train attendant akan mengambil alih pengoperasian kereta secara manual dengan kecepatan terbatas. LRT Jabodebek nantinya akan beroperasi mengikuti jadwal yang telah diunggah ke sistem persinyalan di pusat kendali operasi atau Operation Control Center (OCC). Seluruh operasional LRT Jabodebek kemudian berjalan secara otomatis dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan.

Adapun sistem CBTC GoA 3 pada LRT Jabodebek ini dibangun oleh sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu antara Adhi Karya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI, PT Industri Kereta Api atau INKA, serta PT Len Industri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Progres Prasarana 88,60 Persen, LRT Jabodebek Siap Beroperasi Agustus ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2022/01/11/133000821/progres-prasarana-88-60-persen-lrt-jabodebek-siap-beroperasi-agustus-
Penulis : Suhaiela Bahfein
Editor : Hilda B Alexander




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment