Konstruksi Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Tunggu Pinjaman China

By Administrator 07 Apr 2022, 12:36:46 WIB Konstruksi
Konstruksi Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Tunggu Pinjaman China

Keterangan Gambar : Tol Serang-Panimbang Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang-Rangkasbitung. (Kementrian PUPR)


Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang diharapkan bisa dimulai dalam waktu dekat. Kini pemerintah masih menunggu persetujuan pendanaan pinjaman dari China untuk dapat memulai pengerjaannya. Mengutip informasi dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR pada Selasa (05/04/2022), tol sepanjang 83,67 kilometer ini terbagi dalam tiga seksi.

Untuk Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer telah beroperasi sejak 2021 lalu.

Kemudian Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer dengan progres konstruksi telah mencapai 21,73 persen, dan Seksi 3 Cileles-Panimbang 33 kilometer. Anggota BPJT Kementerian PUPR Koentjahjo Pamboedi juga mengatakan untuk Seksi 2 dan 3 ditargetkan bisa beroperasi bersamaan di semester 1 dan 2 tahun 2024.

Khusus Seksi 3 ruas Cileles-Panimbang yang merupakan kewajiban dari pemerintah diharapkan semakin mempercepat pengadaan tanah untuk dapat segera terselesaikan. "Seksi 3 telah mendapatkan dukungan pendanaan Loan China, kontraktornya sudah mendapatkan hasil pelelangan, dan persetujuan hasil proses loan tinggal menunggu penandatanganan diharapkan pada April 2022 sudah dapat ditanda tangani dan diterbitkan surat perintah mulai kerja (SPMK) konstruksinya," ujar Koentjahjo. Kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dengan Banten Selatan yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta. Sebagai informasi, pengusahaan Jalan Tol Serang-Panimbang dilaksanakan oleh PT WIKA Serang Panimbang selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan biaya investasi sebesar Rp 8,58 triliun. Untuk porsi BUJT yakini Seksi 1 dan 2 mulai dari Serang-Cileles sepanjang 50,67 kilometer. Sementara pemerintah turut andil memberikan dukungan pada Seksi 3 Cililes-Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konstruksi Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Tunggu Pinjaman China", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2022/04/05/172350421/konstruksi-tol-serang-panimbang-seksi-3-tunggu-pinjaman-china.
Penulis : Muhdany Yusuf Laksono
Editor : Muhdany Yusuf Laksono




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment