Di Acara Soft Launching, Anies Sebut JIS Cetak Berbagai Rekor dalam Bidang Konstruksi

By Administrator 20 Apr 2022, 09:21:13 WIB Konstruksi
Di Acara Soft Launching, Anies Sebut JIS Cetak Berbagai Rekor dalam Bidang Konstruksi

Keterangan Gambar : Laga Indonesia All Star U20 vs Bali United U18 pada ajang International Youth Championship 2021 di Jakarta International Stadium (JIS), Jumat (15/4/2022) sore WIB. (KOMPAS.com/Ahmad Zilky)


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar acara soft launching Jakarta International Stadium (JIS) di Papanggo, Jakarta Utara. Dalam pidato pembukaannya, Anies mengatakan bahwa JIS dibangun dengan tingkat kerumitan dan kecanggihan yang tinggi serta semangat mengejar kesempurnaan. "Dia (JIS) dibangun dengan semangat mengejar kesempurnaan," kata Anies dalam rekaman suara, Selasa (19/4/2022) malam.

Anies menjelaskan, bangunan JIS mencetak berbagai rekor dalam bidang konstruksi, salah satunya rekor stadion beratap tertutup terbesar di Asia Pasifik. Dia yakin, di masa depan JIS akan menjadi referensi pembangunan stadion untuk kota-kota besar di penjuru dunia. "Proses pembangunannya mencetak berbagai rekor dalam bidang konstruksi dan akan menjadi tolok ukur baru yang harus dikejar oleh bangsa-bangsa lain di dunia," ujar Anies.

Anies juga menyebutkan, JIS dibangun dengan menghormati alam, dibuktikan dengan predikat platinum green building. "Predikat tertinggi telah menjadi komitmen sejak awal perancangan. JIS tidak boleh menjadi beban bagi alam, beban bagi lingkungan, tapi JIS harus menjadi contoh sebuah bangunan yang tidak mengorbankan pelestarian tapi justru menopang pelestarian alam," kata dia. Selain itu, Anies juga memaparkan simbol-simbol Suku Betawi dalam bangunan JIS. Bentuk setangan, ikat kepala khas Betawi, adalah inspirasi bentuk stadion JIS itu sendiri. "Elemen-elemen Betawi pada JIS ini memperkuat citra Betawi sebagai komponen bangsa yang sejak dulu jadi tuan rumah yang baik bagi begitu banyak unsur-unsur bangsa yang datang ke kota ini," ujar Anies.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Acara "Soft Launching", Anies Sebut JIS Cetak Berbagai Rekor dalam Bidang Konstruksi", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/04/20/07082441/di-acara-soft-launching-anies-sebut-jis-cetak-berbagai-rekor-dalam-bidang.
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Nursita Sari




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment