Ada Rekayasa Lalin Pekerjaan Stasiun MRT Thamrin 5 Februari-31 Mei

By Administrator 04 Feb 2022, 10:21:20 WIB Konstruksi
Ada Rekayasa Lalin Pekerjaan Stasiun MRT Thamrin 5 Februari-31 Mei

Keterangan Gambar : Rekayasa lalin konstruksi Stasiun Thamrin (MRT Jakarta)


Rekayasa lalu lintas akibat pekerjaan konstruksi Stasiun MRT Thamrin akan diberlakukan kembali mulai 5 Februari hingga 31 Mei 2022.  Pekerjaan tersebut meliputi power blender untuk stabilisasi tanah, pekerjaan jet grouting untuk perbaikan kualitas tanah, pemasangan dinding penahan tanah (diaphragm wall) pada area timur, pemasangan kingpost untuk stasiun, serta konstruksi traffic decking. "Sebelumnya, MRT Jakarta telah berhasil melakukan pemindahan sementara Tugu Jam Thamrin pada persimpangan Jalan MH Thamrin-Jalan Kebon Sirih untuk menunjang pekerjaan konstruksi Stasiun Thamrin," kata Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial dalam keterangannya, Kamis (03/02/2022). 

MRT menyebut Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) yang akan diterapkan ini juga telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ditlantas Polda Metro Jaya, dan PT Transportasi Jakarta.  Berikut rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan: 

 

1. Pengalihan Lalu Lintas Thamrin Tahap 1-3B, periode 5 Februari-3 April 2022

Persimpangan Jl MH Thamrin-Jl Kebon Sirih arah timur ke Gondangdia dan arah barat ke Tanah Abang yang semula 2 arah dengan 2 lajur untuk masing-masing arah, akan berubah menjadi hanya 1 arah untuk arus lalu lintas Jl Kebon Sirih dari arah barat (Tanah Abang) menuju arah timur (Gondangdia) dengan tetap mempertahankan 2 lajur kendaraan di utara persimpangan. Arus lalu lintas Jl Kebon Sirih dari arah timur (Gondangdia) menuju ke arah barat (Tanah Abang) dialihkan untuk berputar balik di Bundaran HI kemudian menuju Jl Wahid Hasyim arah barat (Tanah Abang) atau Jl Kebon Sirih arah barat (Tanah Abang). Untuk kendaraan dari Jl Sabang yg hendak ke arah barat (Tanah Abang) namun ingin menghindari ganjil-genap, dapat berbelok ke kanan ke Jl Kebon Sirih lalu menuju Jl Jaksa, untuk kemudian menyeberang ke arah barat (Tanah Abang) melalui simpang Jl Wahid Hasyim-Jl MH Thamrin. 

 

2. Pengalihan Lalu Lintas Thamrin Tahap 1-3C, periode 4 April-31 Mei 2022

Rekayasa arus lalu lintas pada tahap 1-3C sama dengan pada tahap 1-3B, namun arus kendaraan Jl. Kebon Sirih dari arah barat (Tanah Abang) menuju ke arah timur (Gondangdia) akan berada di sisi selatan persimpangan Jl MH Thamrin-Jl Kebon Sirih. Paket kontrak 201 (CP201) MRT Jakarta merupakan paket pertama dari proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A dengan cakupan pekerjaan kontruksi jalur terowongan bawah tanah sepanjang 2677 meter mulai dari kawasan Bundaran HI (BHI) hingga Harmoni, serta pembangunan dua stasiun yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Rekayasa Lalin Pekerjaan Stasiun MRT Thamrin 5 Februari-31 Mei", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/properti/read/2022/02/03/170000521/ada-rekayasa-lalin-pekerjaan-stasiun-mrt-thamrin-5-februari-31-mei
Penulis : Ardiansyah Fadli
Editor : Hilda B Alexander




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment